Kamis, 13 Februari 2020

tugas menulis 1


TUGAS RESUME BELAJAR  MENULIS BERSAMA OM JAY (1)


“BAGAIMANA MENCARI IDE MENULIS”
(Pemateri Bpk Agus Sampurna)


Bagi sebagian orang yang tidak terbiasa menulis, pasti akan mengalami kesulitan dalam memunculkan ide. Untuk dapat memunculkan ide dalam menulis, malam ini kita akan dipandu oleh Bapak Agus Sampurno pengelola Blog http://gurukreatif.wordpress.com dan moderator Ibu Rani Susanti.

Pertama yang kita lakukan adalah menangkap isu yang saat ini sedanga hangat. Isu tersebut antara lain:

1.    Menjadi guru penggerak

2.    RPP 3 komponen

3.    Merdeka belajar

Tiga isu terkini bisa didalami lewat media sosial yang paling akrab dengan pendidik yaitu facebook. Kita akan memulai dengan riset yang paling mudah dahulu, yaitu menggunakan fasilitas pencarian di facebook. Berikut tahap-tahap yang dapat kita lakukan:

1.  Gunakan kata pencarian RPP 3 komponen. Maka akan keluar beberapa artikel atau tulisan dari grup pendidikan yang anda ikuti.

2.  Cek komentar dan baca secara cepat. Dari situ anda akan menemukan harta karun ide, keluhan serta solusi tentang RPP 3 komponen

3.  Ada tulisan search this group. Masukan tema yang ingin anda riset sebagai bahan tulisan Ada beberapa gaya dalam mengutip komentar orang, antara lain:

a.    Merangkum semua sebagai tulisan (dengan pola ini biasanya akan ada yang berpendapat, “tapi saya mesti mulai darimana?”).

b.    Menarik ide dari komentar serta tulisan yang ada. Ini bukan plagiat tetapi lebih pada menarik pokok gagasan dari kumpulan komentar ada beberapa sub topik tulisan yang muncul, yaitu: 1) Ada perbedaan soal terjemahan kebijakan RPP 3 komponen yang sering disalah artikan sebagai RPP 1 lembar; 2) Masih ada keenggenan guru untuk mencoba. Terbukti sudah disederhanakan masih ada kata-kata di komentar seperti....Jurana Mandar Minta RPP, Mapel Fikih dan Akidah MTS; 3) Hal penting bukan jumlah halaman atau komponennya, karena yang penting apakah RPP itu digunakan atau tidak dikelasatau menjadi dasar bagi skenario pembelajaran atau tidak

4.    Dari artikel dan komentar itu bungkus menjadi satu tulisan judulnya

RPP 3 KOMPONEN, SAATNYA GURU PERCAYA DIRI

      

            Sebagai guru anda pasti pernah merasa bahwa RPP yang dahulu sangat memberatkan. Bayangkan ada 13 komponen yang harus dituntaskan. Guru merasa RPP bukannya mendukung pembelajaran malah menyulitkan. Belum lagi sikap pengawas yang cenderung menghakimi saat memeriksa RPP, dengan demikian banyak guru yang merasa berat dalam membuat RPP.

            Saat ini ada kebijakan baru, RPP dipangkas hanya 3 komponen saja, yaitu: Tujuan, Langkah pembelajaran dan Penilaian. Terlihat mudah bukan, padahal sejatinya tidak sesederhana itu karena diperlukan kepercayaan diri untuk memeras dari 13 komponen menjadi 3 komponen. Untuk itu guru guru perlu yakin dan berpikir bahwa di RPP ada skenario ia sebagai fasilitator atau pembelajar dan pendidik. Dengan 3 komponen saja, bisa jadi akan lebih dari 1 halamandan hal yang terpenting adalah aspek penggunaan yang maksimal dari RPP apakah sebagai pendidik kita mencatat perkembangan di lapangansaat RPP itu digunakan atau tidak. Dikarenakan dari situ biasanya ide akan muncul jika anda ingin mengajar hal yang sama di masa mendatang.

            Mari sebagai pendidik kita sambut perubahan ini dan menghindari untuk senang menggunakan RPP orang lain, silahkan saja menggunakannya sebagai referensi, namun tetap guru membuat RPP versinya sendiri. Jika selama iniRPP sudah tampil sebagai hantu yang memberatkan, saatnya RPP dijadikan kawan dimana disitu dituliskan indahnya proses yang kita jalani, karena kitalah yang mengetahui seluk beluk kelas kita sendiri. Jadi selamat menjadi guru yang percaya diri dengan RPP 3 komponen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TUGAS RESUME 12

RESUME WORKSHOP BELAJAR MENULIS BERSAMA OM JAY (12) Oleh Weny Ambartiyas L A RAIHLAH ILMU SETINGGI LANGIT (Pemateri   Bpk Yoyon...