TUGAS
RESUME BELAJAR MENULIS BERSAMA OM JAY (1)
“BAGAIMANA MENCARI IDE MENULIS”
(Pemateri Bpk Agus Sampurna)
(Pemateri Bpk Agus Sampurna)
Bagi sebagian orang yang tidak
terbiasa menulis, pasti akan mengalami kesulitan dalam memunculkan ide. Untuk
dapat memunculkan ide dalam menulis, malam ini kita akan dipandu oleh Bapak
Agus Sampurno pengelola Blog http://gurukreatif.wordpress.com
dan moderator Ibu Rani Susanti.
Pertama yang kita lakukan adalah
menangkap isu yang saat ini sedanga hangat. Isu tersebut antara lain:
1. Menjadi
guru penggerak
2. RPP
3 komponen
3. Merdeka
belajar
Tiga isu terkini bisa didalami
lewat media sosial yang paling akrab dengan pendidik yaitu facebook. Kita akan
memulai dengan riset yang paling mudah dahulu, yaitu menggunakan fasilitas
pencarian di facebook. Berikut tahap-tahap yang dapat kita lakukan:
1. Gunakan
kata pencarian RPP 3 komponen. Maka akan keluar beberapa artikel atau tulisan
dari grup pendidikan yang anda ikuti.
2. Cek
komentar dan baca secara cepat. Dari situ anda akan menemukan harta karun ide,
keluhan serta solusi tentang RPP 3 komponen
3. Ada
tulisan search this group. Masukan
tema yang ingin anda riset sebagai bahan tulisan Ada beberapa gaya dalam
mengutip komentar orang, antara lain:
a. Merangkum
semua sebagai tulisan (dengan pola ini biasanya akan ada yang berpendapat,
“tapi saya mesti mulai darimana?”).
b. Menarik
ide dari komentar serta tulisan yang ada. Ini bukan plagiat tetapi lebih pada
menarik pokok gagasan dari kumpulan komentar ada beberapa sub topik tulisan
yang muncul, yaitu: 1) Ada perbedaan soal terjemahan kebijakan RPP 3 komponen
yang sering disalah artikan sebagai RPP 1 lembar; 2) Masih ada keenggenan guru
untuk mencoba. Terbukti sudah disederhanakan masih ada kata-kata di komentar
seperti....Jurana Mandar Minta RPP, Mapel Fikih dan Akidah MTS; 3) Hal penting
bukan jumlah halaman atau komponennya, karena yang penting apakah RPP itu
digunakan atau tidak dikelasatau menjadi dasar bagi skenario pembelajaran atau
tidak
4. Dari
artikel dan komentar itu bungkus menjadi satu tulisan judulnya
RPP
3 KOMPONEN, SAATNYA GURU PERCAYA DIRI
Sebagai
guru anda pasti pernah merasa bahwa RPP yang dahulu sangat memberatkan.
Bayangkan ada 13 komponen yang harus dituntaskan. Guru merasa RPP bukannya
mendukung pembelajaran malah menyulitkan. Belum lagi sikap pengawas yang
cenderung menghakimi saat memeriksa RPP, dengan demikian banyak guru yang
merasa berat dalam membuat RPP.
Saat
ini ada kebijakan baru, RPP dipangkas hanya 3 komponen saja, yaitu: Tujuan,
Langkah pembelajaran dan Penilaian. Terlihat mudah bukan, padahal sejatinya
tidak sesederhana itu karena diperlukan kepercayaan diri untuk memeras dari 13
komponen menjadi 3 komponen. Untuk itu guru guru perlu yakin dan berpikir bahwa
di RPP ada skenario ia sebagai fasilitator atau pembelajar dan pendidik. Dengan
3 komponen saja, bisa jadi akan lebih dari 1 halamandan hal yang terpenting
adalah aspek penggunaan yang maksimal dari RPP apakah sebagai pendidik kita
mencatat perkembangan di lapangansaat RPP itu digunakan atau tidak. Dikarenakan
dari situ biasanya ide akan muncul jika anda ingin mengajar hal yang sama di
masa mendatang.
Mari
sebagai pendidik kita sambut perubahan ini dan menghindari untuk senang
menggunakan RPP orang lain, silahkan saja menggunakannya sebagai referensi,
namun tetap guru membuat RPP versinya sendiri. Jika selama iniRPP sudah tampil
sebagai hantu yang memberatkan, saatnya RPP dijadikan kawan dimana disitu
dituliskan indahnya proses yang kita jalani, karena kitalah yang mengetahui
seluk beluk kelas kita sendiri. Jadi selamat menjadi guru yang percaya diri
dengan RPP 3 komponen.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar